Monitoring dan Evaluasi Penanaman Pohon di Sekitar Mata Air di wilayah Samigaluh

SAMIGALUH (WARTA DLH) - Penanaman Pohon di sekitar mata air dilakukan dengan tujuan sebagai bentuk upaya Konservasi Air tanah oleh Dinas Lingkungan Hidup melalui program Penanaman Pohon pada seksi pengkajian dan konservasi lingkungan yang berada pada Bidang Tata Lingkungan.

Pada Tahun 2022 ini kAmi dari Dinas Lingkungan Hidup melakukan Penanaman Pohon di Sekitar Mata Air yang dilakukan di wilayah Kapanewon Samigaluh, Kokap dan Girimulyo dengan total tanaman yang di tanam sebanyak 350 pohon pelindung mata air.

Pohon yang ditanam meliputi pohon Aren, Beringin, Gayam, Nangka, Petai dan Alpokat.

Penanaman ini juga dilakukan bersama CSR dari Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo yang memiliki tujuan bersinergi menjaga ketersediaan air tanah melalui upaya konservasi ini.

Pada saat monitoring dilaksanakan kami mengunjungi lokasi penanaman di sepanjang lahan di pinggiran atas sungai.

Dengan tujuan mengunci air tanah yang berada di wilayah lereng sungai tersebut agar nantinya tidak terjadi longsor tanah ke sungai.

Wilayah ini juga sebelumnya terdapat pohon gayam yang sudah tumbuh puluhan tahun dimana pohon tersebut terbukti sebagai penahan erosi tanah karena aliran air sungai dan juga menjaga kestabilan air tanah yang dilihat dari sumur warga saat musim kemarau.

Pada wilayah pohon gayam tersebut, sumurnya tidak kering dan masih ada air yang tersimpan sebagai cadangan yang tersimpan dalam tanah akibat pohon gayam tersebut. (Putri)