Monitoring Proses Pembangunan IPAH di Margosari

PENGASIH (WARTA DLH) - Pada hari senin tanggal 12 september 2022, Bidang Tata Lingkungan yang diwakili oleh Kelompok Substansi Pengkajian dan Konservasi Lingkungan melaksanakan tugas pengendalian pelaksanaan RPPLH dengan melakukan monitoring terhadap pembangunan Instalasi Pemanenan Air Hujan (IPAH) di wilayah kalurahan Margosari.

Pada wilayah Margosari sendiri mendapatkan hibah IPAH sebanyak 12 unit pada 12 titik lokasi yang berbeda pada wilayah Kalipetir Lor sebanyak 6 unit dan Kalisoka 6 unit.

Setiap lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit dalam pelaksanaan monitoring.

Proses Pembangunan IPAH sendiri sudah sampai dalam pembuatan dudukan dan resapan aliran air dari kran yang bersumber dari toren IPAH serta pendistribusian material dan bahan yang akan digunakan lebih lanjut pada saat pemasangan IPAH.

Pembuatan dudukan ini dibuat berdasarkan posisi talang yang akan dimanfaatkan.

Pada saat kegiatan monitoring juga diberikan masukan, pengukuran dan perhitungan kembali oleh Subkoordinator Kelompok Substansi Pengkajian Dan Konservasi Lingkungan dan staff perihal pembuatan dudukan toren yang menyesuaikan keadaan medan dengan tetap mengedepankan kualitas hasil, dan nantinya dudukan toren tetap kuat dan kokoh sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Saat proses monitoring terdapat beberapa titik lokasi yang mengalami kesulitan dalam mendistribusikan material dikarenakan lokasi tempat penerima hibah yang akses jalannya sempit dan tinggi karena struktur wilayah kalurahan margosari yang banyak perbukitan serta pekerja yang terbatas karena disebar dibeberapa titik lokasi pekerjaan.

Pada saat monitoring juga tak lupa dilakukan pengukuran apakah pelaksanaan pembangunan sudah sesuai dengan spesifikasi atau belum serta pengecekan terhada material yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang ditentukan atau belum.

Pada 12 lokasi IPAH yang dilakukan pemantauan dengan teliti agar pekerjaan sesuai dengan spesifikasi tanpa mengurangi kualitas yang ditentukan. (Putri)