Peringati Hari Ozon Sedunia : HPAI DIY Gelar Aksi Regional di Pantai Mlarangan

PANJATAN (WARTA DLH) – Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar berbagai kegiatan di Pantai Mlarangan Asri wilayah Kapanewon Panjatan Kabupaten Kulon Progo, Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ozon Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 September 2022.

Ketua HPAI DPW Kabupaten Kulon Progo Dra. Vipti Retna Nugraheni, M.Ed menyebutkan, kegiatan yang digelar meliputi Pelantikan DPW HPAI Kabupaten Bantul Masa Bakti 2022-2025, Ikrar Forum HPAI DIY, Gropyok Sampah, Penanaman Pohon Pencegah Abrasi, Edukasi Pengelolaan Sampah, dan Astra Berbagi untuk Negeri.

Alhamdulillah, partisipasi dari HPAI DPW Kabupaten/Kota se-DIY juga dari organisasi peduli lingkungan hidup lainnya semua sangat antusias sehingga pelaksanaan kegiatan bisa lancar dan sukses. Ini adalah aksi region yang gelombang pertama,” tutur Vipti saat jumpa pers bersama para wartawan.

Ditanya target, Vipti menjelaskan HPAI DPW Kulon Progo mematok target bahwa semua sekolah di Kabupaten Kulon Progo dapat menyandang predikat adiwiyata.

“Melalui sekolah adiwiyata diharapkan dapat terbentuk jiwa peduli. Selain peduli pada sekolah juga peduli pada lingkungannya, baik itu lingkungan lokal maupun lingkungan global,” ujar Vipti.

Aksi regional HPAI DIY mendapatkan apresiasi dari Penjabat Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si.

Khusus kepada pengurus, Pj Bupati berpesan agar menjalankan ketugasan secara amanah.

“Saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dilantik dan dikukuhkan serta berharap pengurus yang dilantik dapat senantiasa istiqomah dan amanah,” kata Tri Saktiyana dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si.

Dengan motto “Sinergi Satu Aksi Untuk Bumi”, Pj Bupati Kulon progo berharap dapat menumbuhkan spirit dan semangat kepada siswa agar lebih mencintai sekolah dengan berperilaku tertib dan ramah lingkungan.

“Ini merupakan harapan baru Kulon Progo ke depan menjadi tempat yang nyaman dan ramah terhadap lingkungan,” imbuhnya.

Kegiatan HPAI di Pantai Mlarangan Asri dihadiri langsung oleh Ibu Pj. Bupati Kulon Progo, Priyantinah Tri Saktiyana, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (DPP HPAI), Sri Nuryati, M.M, perwakilan Kampung Berseri Astra, JPSM Kulon Progo, Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara (Perbanusa), dan Pokdarwis setempat. (Prd)