Arek Suroboyo Dapat Ini, Setelah 136 Hari Magang di Kulon Progo

KULON PROGO (WARTA DLH) – Genap empat bulan, salah satu mahasiswa asal Surabaya, Mahe Edi Bandu Arta Wijaya (21), menjalani program magang di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo. Tercatat, mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya itu melaksanakan magang di DLH sejak 7 Maret 2022 dan berakhir 14 Juli 2022 pekan kemarin.

Menurut pengakuan Mahe, selama magang di DLH Kulon Progo dirinya memperoleh berbagai ilmu dan pengalaman berharga.

“Banyak sekali yang saya dapatkan di sini, mulai dari sisi akademis seperti mengetahui bagaimana sistem birokrasi yang ada, belajar mengenai merancang dan menyusun anggaran, dan masih banyak lainnya,” kata Mahe kepada WARTA DLH selepas pamitan kepada semua pegawai DLH, Kamis (14/7/2022).

Selain sisi akademis, Mahe menambahkan, banyak hal yang ia peroleh di sisi non akademis.

“Slogan The Jewel of Java memang sangat tepat untuk Kulon Progo. Banyak sekali keunikan atau diibaratkan berlian-berlian di Kabupaten yang terletak di ujung barat wilayah DIY ini yang dapat kita angkat. Seperti budayanya, bahasanya, kulinernya, dan sektor pariwisata lainnya,” imbuh mahasiswa S-1 Ilmu Administrasi Negara tersebut.

Mahe mengucapkan terima kasih kepada Kepala DLH beserta jajaran yang telah memberikan kesempatan magang dan membimbing dengan baik.

“Semoga DLH Kulon Progo semakin maju, berprestasi, dan semakin berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup demi keberlangsungan generasi-generasi masa depan. Akhir kata, maem kupat kalih sayur santen, menawi wonten lepat nyuwun pangapunten,” pungkas Mahe.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si mengharapkan agar semua suntikan ilmu, wawasan, dan pengalaman yang diperoleh Mahe dapat diaplikasikan dan membawa kemanfaatan.

“Apa yang baik pada DLH Kulon Progo silahkan untuk disebarluaskan. Jika ada hal yang dirasa belum baik, mohon untuk disikapi secara bijak,” pesan Sumarsana. (Prd)