Sosialisasi Sekolah Berwawasan Lingkungan Hidup di MAN 3 Kulon Progo

KALIBAWANG (WARTA DLH) - Pada hari Kamis, 14 Juli 2022 Dinas lingkungan hidup yang dalam hal ini diwakili oleh Kahar, AMKL selaku Subkoordinator Kelompok Substansi Pengkajian dan Konservasi Lingkungan beserta staff melakukan sosialisasi pada siswa/siswi Madrasah Aliyah Negeri 3 Kulon Progo (MA N 3 Kulon Progo) yang berlokasi di Kapanewon Kalibawang mengenai sekolah berwawasan lingkungan hidup yang dapat diterapkan di sekolah melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), serta pemberian bibit tanaman berupa pohon pucuk merah dan pohon sirsak kepada pihak sekolah sebagai upaya konservasi air pada lingkungan sekolah.

Sosialisasi dilakukan dengan pemaparan materi GPBLHS di sekolah kepada siswa kelas X dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) berupa pemahaman mengenai apa yang dimaksud dengan GPBLHS, bagaimana upaya konservasi air yang dapat dilakukan di sekolah, upaya konservasi energi yang dapat dilakukan di sekolah dan Pengelolaan Sampah 3R.

Hal ini ditujukan agar siswa MA N 3 Kulon Progo memiliki wawasan serta pemahaman untuk berperilaku berbudaya lingkungan hidup sehingga dapat mengaplikasikan kegiatan tersebut pada kegiatan pemberlajaran sehari-hari di sekolah yang dapat meningkatkan kesadaran tentang perilaku ramah lingkungan hidup pada MA N 3 Kulon Progo.

 Pada saat dilaksanakannya sosialisasi tersebut antusiasme dari siswa mengenai GPBLHS sudah cukup baik.

Dalam sesi tanya jawab yang dilakukan peserta juga sudah mulai sedikit memahami mengenai wawasan lingkungan hidup di sekolah serta mengetahui contoh tindakan yang dapat dilakukan disekolah dalam upaya konservasi air dan energi serta pengelolaan sampah.

Dari pihak MA N 3 KP juga berharap bahwa sosialisasi ini bisa menjadi langkah awal pengenalan mengenai perilaku ramah lingkungan di sekolah kepada para siswa serta pendampingan dari pihak Dinas Lingkungan Hidup pada pihak sekolah untuk kedepannya mengenai sekolah berwawasan lingkungan hidup (sekolah Adiwiyata). (Penulis : Putri Widyahandini)