Ramah Lingkungan, Distribusi Daging Kurban di Sejumlah Wilayah Kulon Progo Tanpa Kresek

KULON PROGO (WARTA DLH) – Nilai-nilai peduli lingkungan semakin membumi di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Salah satunya, penggunaan wadah non plastik dalam mendistribusikan daging kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 H.

Masyarakat memakai wadah berbahan ramah lingkungan seperti besek (terbuat dari anyaman bambu) dan dhekon (terbuat dari anyaman daun kelapa).

Berdasarkan pantauan WARTA DLH pada Sabtu (9/7/2022) dan Minggu (10/7/2022), penggunaan wadah bernuansa tradisional itu diantaranya dijumpai di wilayah Padukuhan Karangtengah Kidul Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih, Padukuhan Kroco Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih, dan Padukuhan Klepu Kalurahan Hargowilis Kapanewon Kokap.

Melalui Edaran Bupati Kulon Progo Nomor 451/2174 Tanggal 1 Juli 2022 Tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 H/2022 M di Kabupaten Kulon Progo, masyarakat memang dihimbau agar dalam pelaksanaan kegiatan pemotongan hewan kurban dan pengelolaan limbah tetap memperhatikan perilaku ramah lingkungan.

Penekanan serupa tercantum dalam Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor SE.4/MENLHK/PSLB3/PLB.2/6/2022 Tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik. (Prd)