Tim Konservasi DLH Kulon Progo Koordinasi ke Kapanewon Samigaluh dan Girimulyo

KULON PROGO (WARTA DLH) - Dalam rangka melaksanakan kegiatan pengendalian pelaksanaan RPPLH Kab./Kota, Tim Konservasi Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo melakukan koordinasi ke Kapanewon Samigaluh dan Kapanewon Girimulyo pada hari Kamis, 7 Juli 2022.

Koordinasi tersebut lebih spesifik terkait pemantauan KTH (Kelompok Tani Hutan) yang menerima hibah pohon sekitar mata air tahun 2022.

Penanaman pohon di sekitar mata air merupakan salah satu upaya konservasi mata air yang perlu dilakukan agar tercipta keseimbangan hidrologis serta tertutupnya areal lahan.

Konservasi mempunyai arti sebagai usaha pelestarian lingkungan hidup yang mengutamakan manfaat atau daya guna lingkungan dan upaya keseimbangan komponen-komponen lingkungan hidup demi pemanfaatan masa depan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah tertanamnya pohon yang berfungsi menyerap dan menyimpan air (pohon Beringin, Aren, dan Gayam) dan terciptanya areal tutupan lahan di sekitar mata air dengan pohon buah (Nangka, Petai, dan Alpukat) sehingga tercipta hidrologis kehidupan.

Selain itu, jenis pohon buah ini juga dapat berfungsi sebagai upaya pencegahan bencana tanah longsor dan banjir karena memiliki karakteristik sistem perakaran yang dalam dan kuat.

Hasil koordinasi dengan Kapanewon Samigaluh dan Kapanewon Girimulyo, pihaknya sangat antusias dengan adanya program ini.

Adapun KTH yang akan menerima hibah pohon mata air di Kapanewon Samigaluh adalah KTH Gunung Bujel Asri  Kalurahan Sidoharjo  Samigaluh, sedangkan yang ada di Kapanewon Girimulyo adalah KTH Wanapaksi Kalurahan Jatimulyo dan KTH Ngudi Rejeki Kalurahan Giripurwo.

Harapannya setiap tahun jumlah hibah pohon untuk mata air terus meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitas dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian mata air dengan menanam pohon. (Penulis : Indriana)