Survei Rencana Lokasi Perangkat EWS Onlimo di Kawasan Pantai Glagah

TEMON (WARTA DLH) - Onlimo (Online Monitoring) Sistem Informasi Kualitas Air merupakan sistem pemantauan kualitas air di badan air secara terus menerus dan dalam jaringan. Output dari Onlimo (Online Monitoring) Sistem Informasi Kualitas Air berupa data pemantauan dan status mutu air.

Hasil informasi status mutu air digunakan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya. Pusat data Onlimo (Online Monitoring) bertujuan untuk memperoleh data informasi secara benar, akurat, dan terbuka dalam hal pemantauan kualitas air dan status mutu air di badan air, sebagai sistem peringatan dini serta bahan penetapan kebijakan pengendalian pencemaran air.

Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo pada hari Selasa, tanggal 21 Juni 2022 telah melakukan kegiatan survei pendahuluan untuk penentuan rencana titik koordinat lokasi Perangkat Early Warning System Onlimo (Online Monitoring) Informasi Kualitas Air.

Dasar hukum pelaksanaan kegiatan survei sebagaimana tercantum di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Operasional Penggunaan Dana Alokasi Khusus Fisik Penugasan Bidang Lingkungan Hidup dan Bidang Kehutanan Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan survei diawali dengan koordinasi di Kalurahan Glagah (dihadiri Lurah Glagah) dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi didampingi oleh Ulu-ulu (Pak Jarwo) dari Kalurahan Glagah dan Dukuh Glagah (Pak Suroto).

Pelaksana kegiatan survei dari Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo dihadiri oleh Rin Dwari Widi Astuti, S.T. (Sub Koordinator Kelompok Substansi Perizinan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan), Dedy Kunardi, S.Si, M.Sc. (Pengendali Dampak Lingkungan Muda), Himawan Novianto, S.T. (Analis Lingkungan Hidup), dan Bhakti Panji Winata, A.Md.KL. (Staff Laboratorium Lingkungan).

Kegiatan survei ini menghasilkan 3 (tiga) alternatif rencana titik koordinat lokasi Perangkat Early Warning System Onlimo (Online Monitoring) Informasi Kualitas Air, yaitu: a) Lokasi 1: Sebelah timur Plaza Souvenir Pantai Glagah; b) Lokasi 2: Di lahan tanah kas desa sebelah selatan Jembatan Karangwuni sisi selatan (lokasi rencana pengembangan objek wisata Taman Ambangan); dan c) Lokasi 3: Di lahan tanah kas desa sebelah selatan Jembatan Karangwuni sisi utara (lokasi rencana pengembangan objek wisata Taman Ambangan). (Kontributor : Himawan Novianto)