Bekal Hadapi Dunia Kerja, SMK N 1 Panjatan Terjunkan Siswa ke DLH

PENGASIH (WARTA DLH) – Mengimplementasikan Pendidikan Sistem Ganda (PSG), SMK N 1 Panjatan mengirimkan siswa untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo.

Menurut Koordinator PKL SMK N 1 Panjatan Ernawati, S.Si, kegiatan PKL mempunyai tujuan memantapkan kemampuan dan memberikan pengalaman pada situasi kerja secara riil.

“Kami melaksanakan PKL ke DLH Kulon Progo dengan latar belakang ingin mempersiapkan anak didik kami supaya ketika nanti di dunia kerja dan dunia industri mereka sudah siap,” kata Erna saat ditemui WARTA DLH usai seremonial penyerahan di Aula DLH, Selasa (31/5/5022).

Durasi PKL, lanjut Erna, akan dilaksanakan selama 16 minggu yaitu pada tanggal 1 Juni hingga 30 September 2022.

Adapun peserta PKL sebanyak 4 (empat) siswa dari Kelas XI Jurusan Analisis Pengujian Laboratorium.

Masing-masing adalah Yona Anggita Awaliyah, Rini Riyanti, Arisma Wahyu Varista Dewi, dan Jesika Rahmawati.

“Harapan ke depannya semoga PKL ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik untuk anak-anak kami. Serta, kerja sama antara SMK N 1 Panjatan dengan pihak DLH KP terus berjalan dengan baik,” pungkas Erna.

Harapan senada disampaikan salah satu peserta PKL, Arisma Wahyu Varista Dewi.

“Mewakili teman-teman PKL, kami berharap semoga di masa depan siap bekerja di lapangan kerja,” ujar Arisma.

Ditanya pemilihan jurusan, pelajar asli Temon Kulon Progo itu mengungkapkan ingin mempelajari banyak hal tentang seluk beluk uji laboratorium.

“Mendalami jurusan Analisis Pengujian Laboratorium karena saya ingin mengetahui semua analis itu mengerjakan di laboratorium, mengenal semua larutan, alat-alat yang ada di sini, dan lain-lain,” ungkapnya lugas.

Selepas serah terima, peserta PKL mendapatkan wejangan-wejangan dari Sekretaris DLH Dra. Ratna Juita didampingi Kasubag Umum dan Kepegawaian Harliantoro, S.Si. (Prd)