Tidak Ingin Sampah Jadi Masalah, DLH Adakan Sosialisasi

PENGASIH (WARTA DLH) - Sampah adalah limbah yang dihasilkan oleh kita dalam kehidupan sehari-hari baik limbah industri maupun limbah rumah tangga.

Permasalahan sampah kian hari makin kompleks. Hal ini diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk yang semakin banyak. Semakin banyak penduduk maka sampah yang dihasilkan tentu akan bertambah banyak juga.

Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo mengadakan sosialisasi tentang pengelolaan sampah. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah sampah yang harus dibuang ke TPA.

Ngadiran S.E. ketika memaparkan materi tentang pengelolaan sampah mengatakan, “setidaknya sampah-sampah ini dapat terkelola dengan baik dan habis di tingkat kelurahan bahkan kalau bisa ditingkat padukuhan sudah bisa habis malah justru lebih bagus.”

Apa yang dikatakan beliau sejalan dengan apa yang harus dilakukan oleh DLH yakni mengedukasi masyarakat dan melakukan upaya-upaya preventif untuk menekan laju sampah yang dihasilkan.

Sementara itu, Anhar Isnawan, S Hut. selaku pemateri tentang kebijakan pengelolaan sampah mengatakan “pengelolaan sampah ini (khususnya bank sampah) sudah ada payung hukumnya berarti bukan kegiatan yang ilegal. Jadi, kita gak usah malu dan takut untuk mengelola sampah ini.”

Dalam acara yang dilaksanakan pada hari Rabu (08/06/2022) itu, dihadiri oleh Lurah Jangkaran, Sindutan, Plumbon, Kedundang, Kebonharjo, Lurah Banjarharjo, serta dihadiri oleh JPSM Kulon Progo dan Bank Sampah Dhuawar Sejahtera selaku expert dalam praktek pengelolaan sampah. (Mahe)