Kondisi Sampah Kawasan Pantai Trisik Kulon Progo di Era Libur Lebaran 2022

GALUR (WARTA DLH) – Timbulan sampah di lokasi-lokasi strategis di Kabupaten Kulon Progo dipantau Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dari jelang hingga akhir libur Lebaran Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Salah satu pegawai DLH, Himawan Novianto (30) melakukan pemantauan kondisi sampah di salah satu objek wisata Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Pantai Trisik wilayah Kapanewon Galur, Jum’at (6/5/2022).

Analis Lingkungan Hidup pada Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan tersebut mengungkapkan, berdasarkan hasil pantauannya terdapat timbulan sampah eksisting dan sampah libur Lebaran di Pantai Trisik.

“Sampah eksisting seperti sampah kayu/ranting di bibir pantai dan sampah yang sudah ada sebelum Lebaran. Sedangkan, sampah libur Lebaran, seperti: sampah plastik, kertas, tisu, botol plastik, styrofoam, dan lain-lain,” ungkap Himawan.

Dari sisi sarana prasarana persampahan, imbuh Himawan, sebetulnya di kawasan Pantai Trisik telah tersedia sapu, serok sampah, dan wadah/bak sampah plastik besar warna biru yang tersebar di gazebo, warung, tempat parkir, toilet, serta fasilitas umum lainnya.

“Adapun tempat penampungan sampah sementara berada di Ngbisan, sebelah timur Laguna Pantai Trisik,” pungkas Himawan. (Prd)