Penanaman Pohon di Sekitar Mata Air : DLH dan Perumda Tirta Binangun Bersinergi

KALIBAWANG (WARTA DLH) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dan bersinergi dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun melakukan gerakan penanaman pohon di sekitar mata air.

Salah satunya dengan penanaman pohon di sekitar Embung Krapyak Kalurahan Banjaroyo Kapanewon Kalibawang, Jum’at (10/12/2021).

Kepala DLH Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si mengatakan, penanaman pohon di sekitar mata air merupakan bagian dari solusi terhadap isu strategis yaitu penurunan kualitas dan kuantitas air tanah.

“Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Progo sudah memulai untuk mengurangi permasalahan air tersebut dengan menanam pohon di sekitar mata air. Dimana pada tahun ini tersebar di 5 lokasi yang ditanami tanaman yang memang sesuai untuk mata air yaitu tanaman beringin, aren, dan sebagainya,” ujarnya.

Sumarsana mengharapkan, kepada KTH yang ditunjuk agar memelihara dengan baik setiap tanaman yang telah ditanam.  

“Bagian dari kita menanam hari ini, memanen air di kemudian hari, dan demi anak cucu kita,” imbuh Sumarsana.

Harapan senada disampaikan Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo H. Jumantoro, S.E.

“Harapan kita semua, ke depannya apa yang sudah kita tanam hari ini akan tetap lestari dan bermanfaat,” kata Jumantoro di sela-sela kegiatan.

Jumantoro mengungkapkan, setiap tahun Perumda Air Minum Tirta Binangun bekerjasama dengan DLH Kulon Progo dalam hal penanaman pohon di sekitar mata air.

“Tujuannya kalau mata air itu terpelihara, terjaga kemudian bisa lestari tentu akan bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya. Menjadi ketugasan kami juga bagaimana wilayah-wilayah yang belum terjangkau jaringan perpipaan bisa tercukupi kebutuhan airnya dari lingkungan sendiri,” papar Jumantoro.

Kerja sama dan sinergi antara DLH dan Perumda Air Minum Tirta Binangun mendapatkan sambutan baik dan dinilai positif oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana, yang hadir mewakili Bupati dalam kegiatan tersebut.

Fajar Gegana menekankan konservasi sumber daya air sangat penting sebagai salah satu upaya pengelolaan sumber daya air yang dimaksudkan untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan dan keberadaan sumber daya air, termasuk daya dukung, daya tampung, dan fungsinya.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan agar kita semua sebagai masyarakat Kulon Progo ikut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan Sumber Daya Air, salah satunya dengan gerakan menanam pohon di sekitar mata air,” kata Fajar Gegana.

Perlu diketahui, kegiatan penanaman pohon di sekitar mata air tahun 2021 dibiayai oleh APBD Perubahan Kabupaten Kulon Progo melalui DLH dengan Pengadaan Tanaman Pohon sekitar mata air sebanyak 1.040 pohon senilai Rp. 101.920.000, yang didistribusikan ke 5 kelompok Tani Hutan yaitu KTH Embung Krapyak, KTH Manunggal Raos, KTH Wana Rahayu, KTH Ngudi Lestari, dan KTH Wana Menoreh Subur.

Sementara itu, Perumda Air Minum Tirta Binangun memberikan bantuan CSR senilai Rp. 15.000.000,- untuk bantuan biaya pembelian pohon, penanaman pohon, pupuk kompos, penyiangan/dangir, dokumentasi dan bantuan stimulan kepada 5 KTH tersebut. (Prd)