DLH Kulon Progo Terima Studi Komparasi dari DLH Kabupaten Magelang

PENGASIH (WARTA DLH) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo mendapat kunjungan studi komparasi dari DLH Kabupaten Magelang, Selasa (7/12/2021).

Rombongan diterima oleh Sekretaris DLH Kulon Progo Dra. Ratna Juita didampingi Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan Toni, S.IP.

Koordinator rombongan DLH Kabupaten Magelang, Ari mengungkapkan studi komparasi dilakukan dalam rangka kajian kegiatan pengumpulan limbah B3 dalam 1 (satu) daerah Kabupaten/Kota pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian DLH Kabupaten Kulon Progo Toni, S.IP memaparkan materi peraturan di daerah terkait dengan pengelolaan dan penanganan Limbah B3 Medis Covid-19 yang bersumber dari isolasi mandiri, teknis, dan mekanisme pengumpulan Limbah B3 Medis Covid-19.

Menurut Toni, DLH Kulon Progo juga melaksanaan kegiatan pengawasan kebijakan perlindungan dan pengelolaan LH yang dilaksanakan setiap tahun oleh Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan terhadap pengelolaan LB3 dari usaha kegiatan bidang pertambangan, industri, pelayanan kesehatan, dan pariwisata.

Dikatakan, DLH bertanggung jawab terhadap pelaporan Limbah Medis Covid-19 ke pusat.

Untuk bahan penyusunan laporan, DLH memperoleh data dari instansi terkait termasuk Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. (Prd)