Lomba Bank Sampah Selesai Digelar, Pemenang Ditetapkan Hadiah Diserahkan

PENGASIH (WARTA DLH) - Lomba Bank Sampah Tingkat Kabupaten Kulon Progo telah purna digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah diselenggarakan di Aula DLH Kulon Progo, Kamis (25/11/2021).

Bank Sampah Sastra asal Padukuhan Sabrang Kalurahan Giripurwo Kapanewon Girimulyo ditetapkan menjadi Juara I untuk Kategori Lanjut dengan nilai 75,21.

Bank Sampah Ngudi Resik Padukuhan Mejing Kalurahan Banjararum Kapanewon Kalibawang (nilai 74,97) sebagai Juara II dan Bank Sampah Pulung Sari Padukuhan Tegalsari Kalurahan Ngargosari Kapanewon Samigaluh (nilai 47,49) sebagai Juara III.

Sedangkan untuk Kategori Pemula, Bank Sampah Harapan Sejahtera Padukuhan Paingan Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih (nilai 81,64) menyabet Juara I.

Juara II dan III masing-masing diperoleh oleh Bank Sampah Harapan Asri Padukuhan VI Kanoman Kapanewon Panjatan (nilai 77,55) dan Bank Sampah Permika Muda Padukuhan Karangasem Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Pengasih (nilai 76,12).

Para juara di tiap kategori mendapatkan trophy, sertifikat, dan uang pembinaan.

Juara I berhak atas uang pembinaan Rp. 5.000.000,-, Juara II Rp. 4.000.000,-, dan Juara III Rp. 3.000.000,-.

“Kami mengucapkan selamat kepada  tiga besar tiap kategori dan terimakasih telah berpartisipasi dalam pengelolaan sampah,” ucap Kepala DLH Kulon Progo, Drs. Sumarsana, M.Si di sela-sela penyerahan hadiah.

Sumarsana berpesan kepada pengelola Bank Sampah yang hadir untuk memperluas mitra kerja sehingga pengelolaan sampah di Kabupaten Kulon Progo akan lebih efektif.

“Saya titip kepada Bapak/Ibu semua untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Bisa dilakukan melalui pendekatan kepada pelaku usaha, sekolah-sekolah, pondok pesantren, dan yang lain sebagai mitra bank sampah. Dengan memperluas kemitraan, pengurangan sampah akan lebih efektif,” tandas Sumarsana.

Senada, Ketua Tim Juri Lomba, drh. Sabar Widodo, menyarankan agar menjalin kerja sama dengan pihak Kalurahan/Kelurahan.

“Saya mohon agar Bank Sampah juga menjalin kerja sama pihak Kalurahan/Kelurahan untuk mendukung jalannya kegiatan. Contohnya, dalam memfasilitasi sarana prasarana,” kata Sabar Widodo.

Direktur Bank Sampah Sastra, Sarjiman, mengatakan pemberian penghargaan kepada Bank Sampah dapat berpengaruh positif terhadap kinerja pengurus.

“Saya rasa lomba Bank Sampah ini sangat cocok untuk meningkatkan semangat dan kekompakan pengurus. Di samping itu, kita akan mengetahui kekurangannya dimana karena dievaluasi langsung oleh Dinas terkait,” ungkap Sarjiman. (Dewi)