Rangkaian Lomba Bank Sampah 2021 : Tim Juri Lakukan Verifikasi Lapangan

PENGASIH (WARTA DLH) – Masih dalam tahapan penilaian Lomba Bank Sampah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021, Tim Juri melakukan verifikasi lapangan terhadap 3 (tiga) besar Bank Sampah Kategori Pemula yang lolos seleksi administrasi.

Menurut Ketua Tim Juri drh. Sabar Widodo, diadakannya verifikasi lapangan sebagai bentuk sinkronisasi penilaian kuantitatif dan kualitatif.

“Kemarin kan sudah penilaian administrasi untuk nilai kuantitatif, sekarang dilakukan evaluasi kualitatif di lapangan agar sinkron datanya. Dengan pendekatan ini kita tahu bagaimana kondisi riil di lapangan, bisa jadi nanti penilaian kualitatif dapat menambah poin,” ujarnya, Jum’at (19/11/2021).

Teknis verifikasi dengan cara pengecekan berkas, pengamatan lokasi, dan tanya jawab pengelola Bank Sampah.

Setelah verifikasi, tim juri memberi sejumlah saran dan masukan kepada pengurus Bank Sampah sebagai bahan perbaikan.

“Kami berharap saran dan masukan ini menjadi bahan perbaikan dan dapat dimonitoring oleh DLH. Jadi, tidak sekedar untuk kepentingan penilaian semata tetapi juga berkelanjutan,” kata tokoh masyarakat yang dulu pernah menjadi Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kulon Progo tersebut.

Bank Sampah  Permika Muda yang beralamat di Padukuhan Karangasem Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Pengasih menjadi lokasi pertama yang dikunjungi.

Dilanjutkan dengan Bank Sampah Harapan Sejahtera di Padukuhan Paingan Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih dan Bank Sampah Harapan Asri di Padukuhan VI Kanoman Panjatan.

Digelar dengan menaati protokol kesehatan, verifikasi lapangan terhadap Bank Sampah Kategori Pemula mendapatkan pendampingan langsung dari Kepala DLH Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si. (Dewi)