Pengenalan Laporan Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

ARTIKEL DLH KULON PROGO – Laporan EDS adalah suatu dokumen yang berisi hasil proses evaluasi dan bersifat internal dengan melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan standar nasional Pendidikan.

Dasar regulasi penyusunan Laporan EDS yaitu Permenlhk Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 Tentang Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup Di Sekolah (PLHS) dan Permenlhk NOMOR P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 Tentang Penghargaan Adiwiyata.  

Laporan ini disusun minimal 12 bulan setelah rencana Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) disahkan dan merupakan dasar penilaian sekolah Adiwiyata.

Laporan EDS berisi Evaluasi Identifikasi Potensi dan Masalah Lingkungan Hidup (IPMLH/Kajian Lingkungan Hidup Sekolah) dan Evaluasi Gerakan PBLHS.

Perencanaan Gerakan PBLHS, memiliki standar antara lain :

  1. Rencana Gerakan PBLHS disusun berdasarkan Laporan EDS dan hasil IPMLH
  2. Penyusunan Rencana Gerakan PBLHS melibatkan kepala sekolah, dewan pendidik, komite sekolah, peserta didik, dan masyarakat.
  3. Rencana Gerakan PBLHS terintegrasi dalam dokumen Satu KTSP.
  4. Rencana Gerakan PBLHS terintegrasi dalam RPP.

Pelaksanaan Gerakan PBLHS, dengan standar :

  1. Pembelajaran pada mata pelajaran, ekstrakurikuler dan pembiasaan diri yang mengintegrasikan Penerapan Perilaku Ramah Lingkugan Hidup (PRLH) di Sekolah, meliputi: kebersihan, fungsi sanitasi, dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan pohon, konservasi air, konservasi energi, serta, inovasi terkait Penerapan PRLH lainnya berdasarkan hasil IPMLH/kajian lingkungan.
  2. Penerapan PRLH untuk masyarakat sekitar Sekolah dan/atau di daerah.
  3. Membentuk jejaring kerja dan komunikasi.
  4. Kampanye dan publikasi Gerakan PBLHS.
  5. Membentuk dan memberdayakan Kader Adiwiyata.

Pemantauan & Evaluasi Gerakan PBLHS, standarnya yaitu melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Gerakan PBLHS dan pemantauan dan evaluasi melibatkan kepala sekolah, dewan pendidik, komite sekolah, peserta didik, dan masyarakat.

(Sumber : Bidang Tata Lingkungan DLH Kulon Progo)