DLH Kulon Progo dan Fisipol UGM Rintis Kerja Sama Pendampingan Tambang Emas Tanpa Merkuri

PENGASIH (WARTA DLH) – Mengawal kegiatan penambangan emas tanpa menggunakan merkuri di wilayah Kokap, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) merintis kerja sama.

Pembicaraan terkait kerja sama dibahas secara serius oleh kedua pihak di Ruang Kepala DLH Kulon Progo, Kamis (17/6/2021).

Pihak DLH Kulon Progo dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Drs. Sumarsana, M.Si didampingi Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan Toni, S.IP dan Kepala Seksi Penaatan Lingkungan Endratma Susila Rahmadi, S.Si.

Sementara, dari Fisipol UGM diwakili oleh Nanang Indra Kurniawan dan Rahmayani.

Kepala DLH Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si mengharapkan Fisipol UGM dapat memberikan sumbang pemikiran dan kontribusi secara langsung sehingga masyarakat penambang dapat sejahtera dengan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan.

Penggunaan merkuri dalam kegiatan penambangan memang sudah saatnya mulai ditinggalkan. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.81/menlhk/setjen/kum.1/10/2019 tentang Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2019 tentang Rencana Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri. (Prd)