Persiapan Monev Badan Publik 2021, Pemkab Kulon Progo Gelar Koordinasi

WATES (WARTA DLH) – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menggelar Rapat Koordinasi sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan Evaluasi (Monev) Badan Publik tingkat DIY Tahun 2021 di Ruang Rapat Sermo Gedung Binangun 1 Lt. 2 Komplek Pemkab Kulon Progo, Senin (31/5/2021).

Selaku leading sector, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo mendatangkan narasumber dari Komisi Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) Diskominfo Kulon Progo Bambang Susilo, S.Si., M.Eng mengungkapkan koordinasi sengaja digelar guna menyiapkan Badan Publik di Kulon Progo agar meraih hasil terbaik dalam Monev tahun 2021.

“Tahun lalu baru ada 5 OPD di Kulon Progo yang berhasil mencapai kategori informatif. Semoga tahun ini lebih baik lagi dan tidak ada lagi OPD yang tidak informatif,” kata Bambang Susilo di hadapan peserta yang mayoritas bertindak sebagai Petugas Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) di masing-masing OPD.

Monev keterbukaan informasi badan publik dimaksudkan untuk mendorong percepatan dan peningkatan kualitas keterbukaan informasi publik di badan publik di DIY. Demikian dijelaskan Narasumber dari KID DIY Erniati  SIP, MH.

“Perbedaan Monev tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah pada teknis pengisian SAQ. Kalau tahun-tahun sebelumnya masih secara manual, tahun ini melalui E-Monev,” terang Erniati.

Lebih lanjut Erniati mengatakan pemeringkatan dengan 3 tahapan yaitu pengisian SAQ, verifikasi website, dan uji akses.

Narasumber lainnya Agus Purwanta, SKM menambahkan tahapan pertama Monev adalah registrasi yang berlangsung pada tanggal 2 – 7 Juni 2021 mendatang.

“Sedangkan, pengisian pengisian SAQ tanggal 11 Juni - 6 Juli,” imbuh Agus Purwanta. (Prd)