Peduli Lingkungan, Kepala Sekolah Ini Dicalonkan Terima Kalpataru

WARTA DLH, GALUR – Dipandang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, Kepala Sekolah Dasar Negeri Prembulan Teguh Santoso diusulkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo menerima Penghargaan Kalpataru kategori Pengabdi Lingkungan Tingkat DIY Tahun 2021.

Sebagai salah satu kandidat, Teguh Santoso menjalani verifikasi pada Kamis (8/4/2021), langsung oleh Tim Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY.

Meskipun sibuk menjabat sebagai Kepala Sekolah, Teguh Santoso masih memiliki waktu untuk kegiatan budidaya, kebersihan lingkungan, dan aksi lingkungan lainnya.

Memanfaatkan pekarangan, Teguh Santoso membudidayakan tabulampot dipadu dengan budidaya Lebah Klanceng, Apis Cerana, dan holtikultura.

Teguh Santoso bersama dengan elemen masyarakat melakukan berbagai aksi lingkungan, antara lain gerakan kebersihan, penanaman pohon, dan pengolahan sampah.

“Motivasi untuk peduli pada lingkungan hidup dilatarbelakangi keprihatinan saya terhadap kerusakan lingkungan dan juga ketertarikan kecintaan terhadap dunia flora fauna,” tutur Teguh Santoso di hadapan Tim Verifikasi Kalpataru.

Memiliki pengalaman sebagai guru, Teguh Santoso merasa terpanggil dan aktif menginisiasi masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. (Prd)