Tepat di Hari Kartini : Direktorat Pengelolaan B3 Angkat Perempuan Sebagai Tema Webinar

WARTA DLH, KULON PROGO – Direktorat Pengelolaan Bahan Berbahaya Beracun Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menyelenggarakan seminar online (webinar) bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021).

Digelar secara daring melalui aplikasi Zoom, webinar mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Kunci Komunitas Penambang Sehat”.

Pengendali Dampak Lingkungan Muda Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo Dedy Kunardi, S.Si.,M.Sc berkesempatan mewakili DLH sebagai peserta webinar tersebut.

Disampaikan Dedy Kunardi, Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati, SH.,MSD dalam sambutannya mengungkapkan masih terdapat ketidakadilan gender bagi kelompok penambang, dimana perempuan dirasa tidak cukup fisik dan intelektual, termasuk dalam akses peningkatan kapasitas serta upah.

Bahkan, perempuan tenaga kerja penambangan ada yang mendapat upah lebih rendah dengan tingkat beban dan resiko yang sama dengan laki-laki.

Salah satu narasumber, National Project Manager GOLD-ISMIA, Baiq Dewi Krisnayanti mengatakan penambang perempuan paling terpapar langsung oleh merkuri.

Dijelaskan, perempuan dengan takdir biologisnya sebagai pemilik organ reproduksi yang lebih rumit daripada laki-laki cenderung rentan terpapar merkuri atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Dalam webinar didiskusikan pula bagaimana menangani kesetaraan gender melalui dunia pendidikan.

Di samping itu, bahaya merkuri perlu disosialisasikan kepada siswa sekolah, contohnya dengan story telling seperti yang diterapkan di Kabupaten Kulon Progo. (Prd)